Thursday, April 5, 2012

Wisata Makam Raja Pakualaman Girigondo

Makam ini merupakan tempat pemakaman kerabat Paku Alam. Di sini dimakamkan KGPAA Paku Alam V, VI, VII, VIII beserta keluarganya, sedangkan KGPAA Paku Alam I sampai dengan IV dimakamkan di pemakaman Hastorenggo, Kotagede, Yogyakarta. Penuhnya areal pemakaman di Hastorenggo, membuat Paku Alam V akhirnya mencari tempat lain untuk pemakaman kerabat Paku Alam, yaitu di Girigondo ini. Latar belakang pemilihan lokasi makam di Kulonprogo ini berkaitan erat dengan asal-usul KGPAA Paku Alam V yang merupakan putra KGPAA Paku Alam II dari Garwo Raden Ayu Resminingdyah yang berasal dari Trayu, Tirtarahayu, Galur, Kulonprogo.

Memasuki kawasan pemakaman Astana Girigondo, pengunjung dapat merasakan langsung atmosfer hawa magis dari tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Aroma wewangian dupa dan bunga tercium di sekitar makam.

Dengan jumlah penduduk kurang lebih 50 kepala keluarga, masyarakat dusun Girigondo terkenal dengan Keramahtamahannya, memiliki budaya gotong royong yang baik, dan menjunjung nilai agama Islam yang kuat.

Untuk naik menuju makam, pengunjung harus melalui trap-trap bahkan siapapun yang menghitungnya pasti akan berbeda jumlahnya satu sama lain. Sembari menaiki trap satu ke trap yang lain, Anda juga dapat menikmati pemandangan di kanan kiri lembah perbukitan.

Pemakaman Astana Girigondo ini terletak di Dusun Girigondo, Kelurahan Kaligintung, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Letaknya 10 km dari Kota Wates

jogjatrip.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...