Sunday, April 22, 2012

Wisata Perak Kotagede

Kota Gede adalah kota di Jogja yang dikenal dengan kota perak, mungkin Anda juga pernah mendengarnya. Dahulu Kota Gede merupakan ibukota kerajaan Mataram Islam yang dipimpin oleh Ki Ageng Pemanahan pada abad ke-16. Sampai sekarang sebagian sisa-sisa bangunan kerajaan Mataram masih terlihat seperti gerbang, rumah joglo, dan makam. Masyarakat di Kota Gede pada saat itu memiliki keahlian membuat perkakas dari perak dan ini berlanjut hingga saat ini. Namun dahulu hanya orang yang memiliki modal besar saja yang bisa membuka showroom. Dan sekarang kerajinan perak sudah berkembang, ini ditunjukkan dengan banyaknya toko-toko perak yang memamerkan hasil kerajinannya dengan berbagai variasi bentuk dan harga. Para pengrajin perak ini membuka tokonya di jalan Kemasan hingga jalan Tegal gendu. Bahkan kini hasil kerajinan perak Kota Gede telah sampai ke manca negara.

Bagi para penggemar atau kolektor perak, Kota Gede yang terletak di sebelah tenggara kota Yogjakarta ini merupakan salah satu tempat favorit mereka untuk berburu perak. Di sini mereka bisa melihat berbagai macam kreasi hasil kerajinan perak yang semakin bertambah banyak. Mulai dari aksesoris yang biasanya ini diburu oleh para wanita misalnya cincin, gelang, kalung, anting-anting, bros, sabuk, dan lain-lain. Biasanya bentuk dari aksesoris pun mengikuti perkembangan dan tren yang ada. Selain itu ada juga miniatur berbagai macam alat transportasi seperti sepeda, motor, mobil, andong, kereta, pesawat, kapal, dan sebagainya. Bahkan pelanggan bisa memesan bentuk sesuai dengan keinginannya. Dan pada masa liburan, para wisatawan yang berlibur ke DIY biasanya menjadikan Kota Gede sebagai salah satu tujuan wisatanya.

Harga perak yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp. 10.000,00 sampai jutaan rupiah., ini disesuaikan dengan banyaknya bahan perak yang digunakan serta tingkat kesulitan pembuatan. Untuk mendapatkan harga perak murah pelanggan mengetahui dulu harga pasaran perak, caranya adalah dengan survei di beberapa toko. Apalagi bagi pelanggan yang belum pengalaman. Hasil kerajinan perak di Kota Gede dikenal halus serta bentuknya bagus, sehingga ada sebagian yang mengusulkan untuk mematenkan hasil kerajinan ini.

pulau.org

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...