Thursday, April 26, 2012

Wisata Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan terletak di Jl. Parangtritis KM 9,5 Timbulharjo, Sewon, Bantul
sekitar 4 km arah selatan kota Yogyakarta atau sekitar 10 menit bila ditempuh menggunakan kendaraan.

Sejak awal dibangun, Gabusan dirancang untuk membuka akses pengrajin ke pasar internasional. Karenanya, tak seperti pasar lain, desain pasar dengan luas area 4,5 ha. mampu menampung sekitar 444 pengrajin yang ditata dengan konsep ruang pamer bertaraf internasional. Perancangan bangunan pasar ini tak hanya melibatkan arsitek dalam negeri saja, tetapi juga mancanegara, tentu dengan menonjolkan arsitektur lokal. Terbagi dalam 16 los, Gabusan menjual kerajinan dari ragam bahan dasar, mulai dari kulit, logam, kayu, tanah liat hingga eceng gondok. dan di kawasan ini dilengkapi Pusat Informasi dan akses internet gratis.

Fasilitas

Area Parkir
Tempat parkir luas
Mushola
Mushola
Lavatory
Lavatory yang representatif
Futsal 
Arena bermain Futsal pasir

Pembagian Los Pasar Seni Gabusan

Los 1, Los 2, dan Los 3

los-1-a los-1-b los-1-c
Memasuki los pertama hingga los ketiga, anda dapat menikmati kerajinan berbahan dasar kulit. Dari Kulit Lembu, domba, sampai kuit ikan pari. Produk yang ada mulai dari hiasan wayang kulit, souvenir, sekat buku kulit, tas, dompet, Kaligrafi dan di areal ini juga terdapat produk kulit tatah sungging dan sudah tentu masih banyak produk lainnya, selain itu produk yang di display merupakan produk unggulan dari para pengrajin kulit di Bantul.

Los 4 dan Los 5

los-4-a los-4-b los-4-c
Bila hendak berbelanja kain batik dan baju batik anda dapat mengunjungi los empat dan lima. Bahan dasar batik saat ini sangat digemari karena desain-desain tradisional dipadu dengan desain modern semakin menambah indahnya produk batik. Selain kemeja dan kain batik masih ada sprei, bad cover, dll.

Los 6 dan Los 7

los-6-a los-6-b los-6-c
Bahan dasar kayu sebagai furniture dan craft terpajang di los enam dan tujuh. Furniture minimalis yang sangat memikat dapat anda peroleh dengan harga yang terjangkau. sedangkan untuk hiasan dapat di piliH hiasan kayu dengan ukiran primitif. InovasI dan kreasi craft berbahan dasar kayu sangat variatif jika diperlukan dapat juga memesan dengan desain dan keinginan pembeli.

Los 8 dan Los 9

los-8-a los-8-b los-8-c
Los delapan dan sembilan memiliki produk-produk aneka kerajinan dari yang sederhana hingga yang rumit. Tempat lipstick, tempat tissue, tempat lilin, dan beraneka ragam souvenir.

Los 10 dan Los 11

los-10-a los-10-b los-10-c
Los ini menampilkan kerajinan kayu batik. Topeng, patung, dan aksesoris yang menarik tersaji dengan pilihan yang sangat variatif.

Los 12

los-12-a los-12-b los-12-c
Kerajinan Bambu terpusat di Los 12, karya yang sangat fungsional dan dekoratif untuk rumah tangga ada di Los ini. Karya pengrajin bambu telah dikenal sampai ke negeri seberang karna estitika dan artistiknya produk-produk yang tercipta.

Los 13

los-13-a los-13-b los-13-c
Salah satu produk unggulan Bantul yaitu kerajinan terracota dan keramik serta gerabah ada pada Los 13. Karya ini sering terpajang dibeberapa building terkenal dan di beberapa hotel berbintang di Indonesia maupun di mancanegara.

Los 15

los-15-a los-15-b los-15-c
Karya Lukisan hasil para seniman Bantul tertata di Los 15, karya lukis Naturalis, ekspresif, sampai abstrak ada di sini. Karya-karya ini banyak diminati para turis baik domestik maupun mancanegara. Dan banyak seniman yang telah terjun pada pameran dan gelar karya lukis hingga manca Negara.

Los 16

los-16-a los-16-b los-16-c
Kerajinan Logam antara lain monel, perak yang sangat elegan, kuningan, dan tembaga. Jenis Produk yang dihasilkan antara souvenir, perhiasan (anting, suweng, cincin, dll) dan miniature (bendi, becak, tugu, candi borobudur, candi prambanan, dll).

bantulcraftdotcom


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...