Monday, March 5, 2012

Puteri Indnesia 2011

Puteri Indonesia

Puteri Indonesia adalah kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 1992 oleh Yayasan Puteri Indonesia yang diketuai oleh Mooryati Soedibyo dan disponsori oleh perusahaan kosmetik Mustika Ratu. Puteri Indonesia akan menjadi wakil Indonesia atau duta bangsa pada kegiatan-kegiatan yang bertaraf Internasional dan ikut serta dalam memajukan komoditas-komoditas ekspor Indonesia, pariwisata dan budaya Indonesia. Puteri Indonesia juga melakukan berbagai aksi sosial ke daerah-daerah yang membutuhkan untuk turut memberikan hiburan dan bantuan.


Peserta

Malam grand final pemilihan puteri Indonesia diikuti oleh peserta dari 33 provinsi di Indonesia (DKI Jakarta biasanya diwakili oleh lebih dari 1 peserta). Peserta yang mengikuti malam grand final merupakan pemenang pemilihan Puteri Indonesia Daerah di provinsinya masing-masing.
Persyaratan

Persyaratan bagi peserta pemilihan Puteri Indonesia:

    * Warga Negara Indonesia, berusia 18-25 tahun, belum menikah, mahasiswi/karyawati dengan tinggi badan minimum 170 cm.
    * Peserta daerah harus berdomisili atau berasal dari daerah yang diwakilinya.
    * Memiliki pengetahuan umum dan berwawasan luas tentang pariwisata dan kebudayaan Indonesia.
    * Berpenampilan menarik/cantik, cerdas, dan berkepribadian.
    * Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing akan memberikan nilai tambah.
    * Diutamakan yang memiliki keahlian khusus/prestasi pada suatu bidang (misalnya: musik, tari, tarik suara, kepemimpinan, bahasa, dan lain-lain).

Penilaian

Parameter penilaian yang digunakan dalam pemilihan Puteri Indonesia adalah 3B, yaitu:

    * Brain: Kecerdasan
    * Beauty: Penampilan menarik
    * Behavior: Berperilaku baik.

Selain itu, terampil dalam berkomunikasi, dapat berpikir secara rasional, memiliki pengetahuan umum yang luas dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta berwawasan pariwisata.
Karantina

Sebelum mengikuti malam grand final, peserta Puteri Indonesia yang telah terpilih mewakili provinsinya masing-masing akan menjalani masa karantina di Jakarta. Kegiatan yang dilakukan selama masa karantina ini antara lain:

    * Panel diskusi/lokakarya.
    * Pelatihan dalam bidang perawatan kesehatan & kecantikan, tata busana dan pengembangan diri.
    * Pembinaan kepribadian.
    * Pembinaan untuk menjadi public speaker.
    * Apresiasi budaya dan pariwisata.
    * Kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang berorientasi ekspor.
    * Aksi sosial dan lingkungan.
    * Audiensi dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Gubernur DKI, Ibu Negara atau Ibu Wakil Negara.
    * Berbagai aktivitas lainnya yang bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan.

Pemenang

Pemenang Puteri Indonesia akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe, sementara Puteri Runner-up I (yang juga menyandang gelar Puteri Indonesia Lingkungan) menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Miss International. Puteri Runner-up II (yang juga menyandang gelar Puteri Indonesia Pariwisata) seharusnya dikirim ke ajang Miss Asia Pacific International, tetapi ajang tersebut tidak pernah diselenggarakan selama beberapa tahun terakhir. Puteri Runner-up I juga pernah dikirimkan ke ajang Miss World pada tahun 2005.
Mahkota dan Piala

Mahkota Puteri Indonesia terbuat dari bahan emas putih dengan taburan berlian, batu-batu semi precious, serta batu akik dan mutiara yang berasal dari Indonesia. Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia dapat melihat bahwa dengan sumber daya alam yang ada dan dengan sentuhan perancang perhiasan dari Indonesia yang sebenarnya dapat menciptakan keindahan yang berkualitas.

Piala melambangkan seorang Puteri Indonesia yang cantik, berwawasan dan berkepribadian sesuai dengan wanita Indonesia. Terbuat dari bahan, untuk strukturnya : Copper plated polyester resin dan finishingnya : gold and silverplate (high grade), tingginya : 25 cm dengan membutuhkan waktu pengerjaan selama 5 minggu
Hadiah

Pemenang Puteri Indonesia akan menerima sejumlah hadiah, di antaranya rumah dinas, mobil dinas, dan sejumlah uang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...