Wednesday, March 14, 2012

Wisata Rafting di Sungai Oyo dan Elo, Yogyakarta


Serunya Rafting di Sungai Oyo dan Elo, Yogyakarta

    detikTravel
   
Olahraga yang memacu adrenalin tengah marak di tengah masyarakat, salah satunya adalah arung jeram atau rafting. Olahraga ini biasa dilakukan di sungai beraliran air deras, seperti Sungai Oyo di Yogyakarta. Dijamin seru!

Di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, ada Desa Wisata Bejiharjo yang menawarkan banyak wisata alam, salah satunya adalah mini rafting di Sungai Oyo. Mini rafting ada olahraga pemicu adrenalin dengan cara menyusuri hulu Sungai Oyo menggunakan ban karet.

Untuk ikut mini rafting, Anda diharuskan daftar paket wisata Mini Rafting Sungai Oyo di sekretariat Desa Wisata Bejiharjo. Biaya yang dikenakan adalah Rp 45.000 dengan minimal rombongan 10 orang. Setelah mendaftar, Anda akan diberi instruksi dari pemandu dan mulai mengenakan segala perlengkapan sebelum memulai mini rafting.

Sebuah mobil bak terbuka dipakai untuk mengangkut peserta menuju titik awal mini rafting. Setelah turun mobil, Anda masih diharuskan berjalan melewati persawahan dengan berjalan kaki, jangan lupa membawa ban karet yang akan dipakai.

Setelah berjalan singkat, tibalah Anda di tepi Sungai Oyo. Pemandu akan mengajak Anda turun dengan ban dan mulai mengikuti arus sungai sepanjang 1500 meter. Berarung jeram di sungai ini tidak perlu membuat Anda terlalu cemas takut hanyut, karena aliran air di Sungai Oyo tidak terlalu deras.

Meski aliran airnya tidak begitu deras, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengendalikan ban. Tak jarang ban yang digunakan peserta tersangkut di bebatuan. Tapi jangan kuatir, pemandu akan menarik ban peserta.

Selama menyusuri sungai, Anda bisa melihat keindahan tebing kapur di kanan kiri sungai. Uniknya, di beberapa titik tebing ada air yang mengeluarkan air. Air terjun juga bisa Anda temukan di tengah perjalanan. Anda pun bisa berhenti untuk menikmati sejuknya air.

Setelah menyusuri sungai selama 2 jam, Anda mulai mendekati titik akhir dan disambut dengan pemandangan sawah di kanan kiri sungai. Jika ingin tantangan yang lebih, Anda bisa mencoba mini rafting saat musim hujan tiba.

Detik Travel.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...